Blitar Kota - Dibukanya kembali jalur transportasi membuat terminal Kota Blitar harus kembali beroperasi guna memenuhi layanan jasa angkutan umum. Sosialisasi juga terus dilakukan pihak terminal untuk menginformasikan kepada warga Kota Blitar.

Verie Sugianto, Kepala Terminal Patria Tipe A mengatakan, dibukanya kembali angkutan umum ini diikuti dengan perbaruan layanan di terminal Patria, seperti penyediaan tempat pencuci tangan, penataan ruang tunggu, hingga pemeriksaan terhadap penumpang. Baik penumpang yang akan berangkat ataupun tiba di terminal, diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu, selanjutnya petugas akan melakukan pengecekan KTP dan suhu tubuh. Apabila ditemui gejala yang mengarah ke covid-19, maka penumpang akan dianjurkan isolasi di Rumah Karantina Covid-19 Rusunawa 511 Kota Blitar.

Verie juga memastikan, seluruh crew armada bus yang beroperasi terbebas dari covid-19, karena baik sopir maupun kernet bus diwajibkan menunjukkan surat keterangan sehat dari Puskesmas maupun Dokter. Didalam bus pun tersedia handsanitizer, kursi penumpang juga dibuat berjarak, bahkan semua penumpang maupun crew wajib memakai masker. Sementara untuk penumpang yang hendak melakukan perjalanan ke luar provinsi seperti Jakarta dan Denpasar, penumpang diwajibkan membawa Surat Izin Keluar Masuk beserta hasil Rapid Test.

“Semua crew Kita wajibkan memakai masker mas, sopir dan kernet juga harus menunjukkan surat sehat dari puskesmas maupun dokter. Bus juga ada handsanitizer, jaga jarak. Kita juga perikas penumpang yang tiba maupun akan berangkat,” kata Verie, kepada tim redaksi Mahardhika Kamis (11/06/2020)

Verie mengharapkan dibukanya kembali angkutan umum ini tidak membuat penumpang lengah untuk menerapkan protokol kesehatan. Verie juga berharap, corona segera hilang sehingga kegiatan di terminal Patria Blitar dapat berjalan lancar kembali tanpa perlu khawatir apapun. 

Post format
standard