x
Dikirim oleh admindinsos pada 4 July 2022

 

SK STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN : NO.188/021/410.110/2022 Tanggal 4 Januari 2022

1. 

Nama Layanan : Pemulangan Orang Terlantar

Produk Layanan :  Surat Keterangan, tiket kendaraan, transport lokal, bekal makan

PersyaratanSurat keterangan terlantar dari Kepolisian setempat

Prosedur Layanan : 

  • Pemohon datang ke Dinas Sosial Kota Blitar dan menyerahkan surat keterangan terlantar dari kepolisian setempat
  • Petugas memverifikasi kelengkapan persyaratan, melakukan assessment kebutuhan layanan pemohon
  • Petugas memproses surat pengantar, tiket kendaraan, transport lokal, bekal makan
  • Pemohon menerima surat pengantar, tiket kendaraan, transport lokal dan bekal makan
  • Pemohon diantar ke terminal/halte bus sesuai jurusan

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis

2.

Nama Layanan : Rekomendasi Adopsi Anak

Produk Layanan : Surat Rekomendasi Adopsi

Persyaratan :

  • Permohonan ijin Pengangkatan Anak kepada instansi sosial setempat
  • Surat keterangan sehat COTA dari rumah sakit pemerintah (asli) untuk selanjutnya dapat diperbaharui pada saat kunjungan kedua.
  • Surat keterangan kesehatan jiwa COTA dari dokter spesialis jiwa dari rumahsakit pemerintah (asli) untuk selanjutnya surat keterangan kesehatan jiwa dapat diperbaharui di kunjungan kedua
  • Surat keterangan tentang fungsi organ reproduksi COTA dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi rumah sakit pemerintah (asli).
  • Copy akta kelahiran COTA
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) setempat (asli)
  • Copy surat nikah/akta perkawinan COTA (legalisir)
  • Kartu keluarga dan KTP COTA
  • Copy akta kelahiran CAA
  • Keterangan penghasilan dan tempat kerja COTA (asli)
  • Surat pernyatan persetujuan CAA di atas kertas bermatrai cukup bagi anak yang telah mampu menyampaikan pendapatnya
  • Surat pernyatan motivasi COTA di kertas bermatrai cukup yang menyatakan bahwa pengangkatan anak demi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan anak
  • Surat pernyataan COTA akan memperlakukan anak angkat dan anak kandung tanpa diskriminasi sesui dengan hak-hak dan kebutuhan anak diatas kertas bermatrai cukup
  • Surat pernyataan bahwa COTA akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orangtua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak
  • Surat pernyataan COTA bahwa COTA tidak berhak menjadi wali nikah bagi anak angkat perempuan dan memberi kuasa pada wali hakim
  • Surat pernyataan COTA bahwa COTA untuk memberikan hibah sebagian hartanya bagi anak angkatnya
  • Surat pernyataan persetujuan adopsi dari pihak keluarga COTA
  • Surat pernyataan adopsi dari pihak keluarga COTA
  • Surat pernyatan dokumen adopsi adalah dokumen yang sah
  • Foto COTA dan calon anak angkat ukuran 4 x 6 masing masing 2 lembar
  • Rekomendasi proses pengangkatan ank dari instansi sosial setempat

Prosedur Layanan : 

  • Pemohon (Calon Orang Tua angkat) mengajukan permohonanRekomendasi Adopsi Anak ke Dinas Sosial Kota Blitar sebagai syarat penetapan Pengadilan
  • Petugas administrasi meregistrasi Surat Permohonan danmenyampaikan ke Kepala Dinas
  • Kepala Dinas mendisposisi ke Kepala Bidang
  • Kepala Bidang meneruskan ke pekerja sosial untuk ditindak lanjuti
  • Pekerja sosial akan melakukan verifikasi apakah memenuhi syarat untukdibuatkan Surat Rekomendasi atau sebaliknya. Saat itu juga pekerja sosial akan mewawancarai calon orang tua angkat terkait denganbelum/sudah memberikan pengasuhan kepada calon anak angkat
  • Pekerja sosial melakukan home visit/kunjungan ke tempat tinggal calon orang tua angkat dengan
    maksud melihat kondisi realita yang sebenarnya
  • Pekerja sosial membuat konsep Surat Rekomendasi Adopsi Anak
  • Kepala Bidang memeriksa Surat Rekomendasi dan membubuhkan paraf
  • Sekretaris memeriksa Surat Rekomendasi dan membubuhkan paraf
  • Kepala Dinas menandatangani Surat Rekomendasi Adopsi Anak
  • Pekerja sosial menerima Surat Rekomendasi Adopsi anak yang telahditanda tangani Kepala Dinas
  • Calon orang tua angkat menerima Surat Rekomendasi Adopsi anakyang sudah jadi

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis

3.

Nama Layanan : Rujukan Bagi PPKS Terlantar

Produk Layanan : Pengiriman PPKS terlantar dan surat rekomendasi

Persyaratan :

  • Kartu Keluarga
  • KTP
  • Surat Pengantar dari Kelurahan
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter/ Puskesmas/ Rumah Sakit

Prosedur : 

  • Menerima laporan tertulis/lisan/telepon dari Polisi/ Satpol PP/ Kelurahan/ Masyarakat bahwa ada PPKS terlantar
  • Dinas sosial mengecek atau menelusuri kondisi PPKS terlantar tersebut apakah layak rujuk panti atau tidak
  • Jika tidak layak maka di reunifikasi ke keluarga
  • Jika layak dan disetujui, dibuatkan surat rekomendasi dan dilampirkan beserta persyaratan lain
  • Dinas Sosial memfasilitasi PPKS terlantar ke shelter sebelum dirujuk ke panti atau UPT
  • PPKS terlantar menjalani pelayanan di panti.

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis

4.

Nama Layanan : Kesehatan Bagi PPKS Terlantar

Produk Layanan : ​

  • Surat Rekomendasi pengurusan BPJS Kesehatan bagi pemohon dengan adminduk
  • Surat Rekomendasi pembebasan biaya pengobatan

Persyaratan :

  • KK/KTP bagi yang memiliki atau Surat Keterangan hasil pengecekan data adminduk dari Dispendukcapil/instansi yang berwenang
  • Surat keterangan rawat inap di RS

Prosedur Layanan : 

  • Pemohon datang ke Dinas Sosial Kota Blitar dengan menunjukkan persyaratan  
  • Petugas memverifikasi kelengkapan persyaratan, melakukan assessment kebutuhan layanan pemohon
  • Petugas memproses surat rekomendasi pengurusan BPJS kesehatan bagi yang mempunyai dokumen adminduk
  • Petugas memproses surat rekomendasi pembebasan biaya pengobatan bagi pemohon dengan identitas luar kota Blitar atau pemohon yang tidak mempunyai dokumen adminduk

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis

5. 

Nama Layanan : Rekomendasi Ijin Operasional Lembaga Kesejahteraan Sosial 

Produk Layanan : Surat Rekomendasi Ijin Operasional LKS

Persyaratan : Berkas Permohonan Rekomendasi LKS

Prosedur Layanan : 

  • Pemohon mengajukan permohonan rekomendasi LKS ke Dinas Sosial Kota Blitar
  • Kepala Dinas Sosial mendisposisi surat ke Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial
  • Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial mendisposisi ke Kasi yang membidangi (PK2SK2) untuk melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi ke lapangan
  • Kasi PK2SK2 membuat draft rekomendasi sesuai dengan hasil verifikasi dan validasi di lapangan apabila memenuhi persyaratan dibuatkan rekomendasi
  • Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial meneliti surat rekomendasi dan dan membubuhi paraf
  • Sekretaris meneliti dan membubuhi paraf
  • Kepala Dinas menandatangani surat rekomendasi
  • Terkirimnya surat rekomendasi

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis

6.

Nama Layanan : Surat Keterangan Pengurusan KIP

Produk Layanan : Surat Keterangan Terdaftar/Tidak Terdaftar DTKS

Persyaratan : 

  • Penduduk Kota Blitar yang dibuktikan dengan KTP/KIA, Akta Kelahiran
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan setempat
  • Foto copy KTP/KIA, KK

Prosedur Layanan : 

  • Pemohon datang langsung ke Dinas Sosial Kota Blitar dengan membawa persyaratan yang diperlukan.
  • Petugas memverifikasi dan melalukan pengecekan pada aplikasi SIKS-NG
  • Petugas memproses penerbitan surat keterangan terdaftar atau tidak terdaftar pada DTKS
  • Petugas menyerahkan surat keterangan terdaftar/tidak terdaftar DTKS kepada pemohon untuk diproses lebih lanjut sesuai mekanisme yang berlaku.

Waktu : Jam buka Pelayanan 

1. Senin s/d kamis   : 07.00 s/d 15.00 WIB

2. Jum'at                  : 07.00 s/d14.30 WIB

   khusus hari jum'at istirahat jam 11.00 s/d 13.00 WIB

Biaya/Tarif : Gratis