Sebelas OPD Siap Dukung Kesuksesan Pilkada 2020

Administrator 15 Jun 2020 64x Share
img-berita

Blitar Kota - Senin, (15/06/2020), Pemkot Blitar menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, di ruang Sasana Praja, Kantor Wali Kota Blitar. Rapat dipimpin langsung Wali Kota Blitar didampingi jajaran forkopimda, dan dihadiri KPU Kota Blitar, Bawaslu Kota Blitar serta jajaran Kepala OPD.

Drs. H Santoso M.Pd, Wali Kota Blitar dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan, fokus rakor membahas kesiapan Pemerintah Kota Blitar dalam mendukung Pilkada 9 Desember mendatang. Sesuai pemaparan Sekretaris Daerah Kota Blitar, dukungan dan fasilitasi Pemkot Blitar dilakukan melalui sebelas OPD. Di antaranya fasilitasi pengecekan kesehatan terhadap petugas PPK dan PPS oleh Dinas Kesehatan, percepatan perekaman e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perizinan Alat Peraga Kampanye (APK) oleh Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP, penyiapan posko tim desk di Integrated System Center, Dinas Kominfo dan Statistik, dukungan keamanan oleh TNI-Polri dan Satpol PP, serta fasilitasi lainnya.

“Terkait dengan keamanan kami didukung TNI-Polri. Semua kami persiapkan, karena ditengah pandemi ini banyak hal yang perlu diantisipasi, uatamanya masalah APD ini harus segera disiapkan,” kata Santoso.

Disinggung mengenai sokongan anggaran untuk KPU, Santoso menyebut, Pemerintah Kota siap mendukung jika diperlukan. Menurutnya, usulan anggaran empat milliar rupiah dari KPU Kota Blitar masih akan diajukan ke pusat. Jika tidak bisa diback up sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat, maka Pemerintah Kota siap mendukung dengan prosentase 75% pusat : 25% daerah.

“Kalau dari pusat tidak bisa memback up penuh, ya mau tidak mau kita harus mempersiapkan, karena itu sangat diperlukan,” jelas Santoso.

Santoso menegaskan, Pemkot Blitar berkomitmen mewujudkan Pilkada yang aman, kondusif dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Dalam kesempatan ini, pihaknya telah menginstruksikan Bakesbangpol dan PBD untuk memetakan kerawanan serta sebaran Covid-19, agar potensi penularan bisa diminimalisir secara maksimal. (Kir)

Berita Populer

Pelayanan Surat Keterangan Pengurusan KIP

by Administrator | 03 Jul 2023

Bimbingan Sosial Bagi Keluarga Penyandang..

by Administrator | 24 Mar 2023

Pelayanan Surat Keterangan Pengurusan KIP..

by Administrator | 07 Jul 2023

Apel Dino Jumat Bersama Wali Kota Blitar-..

by Administrator | 13 Mar 2023

Pengisian Jabatan Kosong Baru Bisa Dilaku..

by Administrator | 16 Jun 2020

DPRD Kota Blitar Sidak Sejumlah Infrastru..

by Administrator | 16 Jun 2020